Mengenal Tanaman di Summarecon Bandung

Summarecon Bandung memiliki aneka ragam tanaman di dalam kawasannya. Kehadiran tanaman tersebut selain untuk mempercantik lingkungan, juga dianggap sebagai sumber daya penting yang mendukung kehidupan di Bumi. Tanaman melepaskan oksigen ke atmosfer, menyerap karbon dioksida, menyediakan habitat dan makanan bagi satwa dan manusia, serta mengatur siklus air. Berikut ringkasan tanaman-tanaman yang ada di Summarecon Bandung:

1.  Pohon Baobab


Sahabat Summarecon, tahukah apa itu pohon Baobab? Pohon Baobab Afrika atau disebut juga Adansonia digitata adalah salah satu jenis pohon tertua dan terbesar dari keluarga Angiospermae. Nama Adansonia sendiri diambil dari nama seorang pecinta alam dan penjelajah dari Prancis yang berhasil menemukan pohon tersebut, yaitu Michael Adason. Pohon Baobab ini umumnya bisa ditemukan di hutan dengan semak berduri yang terletak di dataran rendah dengan musim kemarau 4-10 bulan pertahun.


2.  Pohon Mahoni

Pohon mahoni merupakan jenis tanaman yang sangat populer di Indonesia. Kalian pasti sering menemukannya di sepanjang jalan sebagai pohon peneduh atau sering melihatnya di hutan-hutan kota hingga perkebunan budidaya. Pohon mahoni merupakan tanaman yang tergolong kedalam tanaman yang cepat sekali tumbuh, dan merupakan keluarga Meliaceae yang meliputi 50 genera dan 550 jenis spesies tanaman kayu.


3Kalpataru

Apakah kalian pernah mendengar tentang Pohon Kalpataru?

Pertanyaan yang sangat lumrah karena pada kenyataannya tidak mudah menemukan jenis tumbuhan ini di lingkungan perkotaan yang biasa kita tinggali. Bahkan sebagian orang mungkin hanya mengenal Kalpataru sebagai trofi yang diberikan kepada mereka-mereka yang berprestasi di bidang lingkungan hidup. Meskipun begitu, Pohon Kalpataru beneran ada loh.

 

4.  Ara

Seberapa tahu sih kalian tentang Pohon Ara? Pohon Ara ini sudah dikenal di dunia kuno sebagai makanan umum dan termasuk tanaman yang pertamakali di budidayakan oleh manusia loh.Di Indonesia juga kalian bisa menemukan buah ara dijual dalam keadaan segar ataupun dalam bentuk kering. Buah ara memiliki kulit yang tipis dengan daging buah yang lembut dan berwarna merah. Kulit buah ara bisa berwarna ungu ataupun hijau.


5. Pulai

Kalian pasti pernah melihat kayu korek api dan juga peti bukan? Kalian tahu ga sih pohon apa yang biasanya dipakai untuk membuat korek api dan peti itu?

Pohon Pulai jawabannya. Karena kayu Pohon Pulai memiliki keawetan yang rendah, Pohon Pulai biasanya dipakai dalam pembuatan peti, korek api, hak sepatu, barang kerajinan seperti topeng, cetakan beton, selongsong pensil dan bubur kertas. Di Indonesia, Pohon Pulai di kenal dengan nama lokal pule, kayu gabus, lame, lamo, dan jelutung. Pohon Pulai (Alstonia scholaris) merupakan jenis tanaman kehutanan yang termasuk kedalam kategori fast growing species dan termasuk kedalam tanaman toleran terhadap berbagai jenis tanah dan habitat.

PNG-round-whatsapp