Pemerintah Kota Bandung Resmikan Gerai Pelayanan Publik Summarecon Bandung

Sebagai upaya memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari berbagai dinas, Pemerintah Kota Bandung meresmikan Gerai Pelayanan Publik di Summarecon Bandung pada Kamis, 9 September 2021. Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, secara simbolis membuka Gerai Pelayanan Publik Summarecon Bandung yang memiliki 16 instansi pelayanan didukung dengan penggunaan teknologi informasi di dalamnya. Kehadiran fasilitas layanan masyarakat ini merupakan kolaborasi Pemerintah Kota Bandung dengan Summarecon Bandung (PT Mahkota Permata Perdana) untuk menghadirkan pusat layanan terpadu satu pintu bagi masyarakat khususnya di wilayah timur Kota Bandung.


Instansi-instansi yang bergabung dalam Gerai Pelayanan Publik Summarecon Bandung menyediakan berbagai layanan administratif, layanan jasa, dan layanan barang. Untuk layanan administratif diantaranya seperti pengurusan SIM, SKCK, sentra pelayanan kepolisian terpadu, layanan pajak bumi dan bangunan, pendaftaran program jaminan ketenagakerjaan, pembayaran pajak dan retribusi daerah, permohonan pemberian fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor industri kecil menengah, pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan, penukaran E-Samsat, pembayaran angsuran, pelayanan akta kelahiran, akta kematian, rekam cetak KTP-el, dan perbaikan data kependudukan. Untuk layanan jasa masyarakat bisa mendapatkan konsultasi perizinan berusaha, layanan informasi dan konsultasi bea dan cukai, pengiriman wesel pos, serta pengiriman barang. Gerai Pelayanan Publik Summarecon Bandung juga memiliki layanan barang berupa penjualan materai dan pojok UMKM yang menjual produk-produk usaha mikro kecil menengah dari Kota Bandung.


Summarecon Bandung memiliki visi yang sama dan sejalan dengan Pemerintah Kota Bandung untuk melayani warga lebih baik dan lebih dekat, untuk itu Summarecon Bandung membangun Gerai Pelayanan Publik secara lengkap dan nyaman. Fasilitas publik dalam bangunan tiga tingkat ini dilengkapi lift, ruang tunggu, ruang laktasi, musala, ruang baca, ruang bermain, serta jalur khusus untuk penyandang disabilitas. Fasilitas parkir kendaraan roda dua dan roda empat yang memadai juga melengkapi Gerai Pelayanan Publik Summarecon Bandung.


Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, mengatakan Hadirnya Gerai Pelayanan Publik di Summarecon Bandung diharapkan dapat membantu mewujudkan rasa aman dan nyaman untuk para warga yang membutuhkan pelayanan publik. “Gerai Pelayanan Publik menjadi bagian dari upaya Pemerintah Kota Bandung untuk bisa melayani publik dengan lebih baik. Pendirian Gerai Pelayanan Publik (GPP) adalah wujud komitmen Pemerintah Kota Bandung dalam mengimplementasikan pusat layanan terpadu yang cepat, mudah, dan dekat dengan masyarakat.” Ujar Walikota Bandung, Oded M. Danial.


Gerai Pelayanan Publik Summarecon Bandung berlokasi di kompleks Ruko Beryl Commercial tepatnya di Jalan Bulevar Selatan, Summarecon Bandung. Lokasi Gerai Pelayanan Publik Summarecon Bandung ini dekat dengan fasilitas kawasan lain yang akan beroperasi seperti Rumah Sakit Santo Borromeus, Sekolah Islam Al Azhar, Sekolah Santo Aloysius, dan juga Summarecon Mall Bandung. Beroperasinya Gerai Pelayanan Publik semakin melengkapi Summarecon Bandung dan mewujudkan pelayanan yang lebih dekat dan lebih baik kepada masyarakat, khususnya warga Kota Bandung di wilayah timur.


Masyarakat yang membutuhkan layanan adminisitrasi maupun perizinan diwajibkan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku saat berada di dalam Gerai Pelayanan Publik Summarecon Bandung. Protokol kesehatan yang harus ditaati diantaranya penggunaan masker, mencuci tangan, pengukuran suhu tubuh, hingga menjaga jarak antrean. Bagi pemohon yang hendak datang ke Gerai Pelayanan Publik Summarecon Bandung dapat melakukan antrean online terlebih dahulu melalui aplikasi ponsel Gampil. Sistem antrian online ini akan memudahkan masyarakat mengetahui informasi waktu kehadiran dalam pengurusan kebutuhannya.

“Kami bersyukur, kerja sama antara Summarecon Bandung dan Pemerintah Kota Bandung untuk menyediakan Gerai Pelayanan Publik bagi masyarakat Kota Bandung bagian timur yang sudah dimulai sejak 16 November 2020, hari ini dibuka secara resmi oleh Bapak Oded M. Danial, selaku Wali Kota Bandung. Selamat kepada jajaran Pemerintah Kota Bandung yang mulai hari ini menjalankan operasional layanan Gerai Pelayanan Publik di Summarecon Bandung. Semoga semakin bermanfaat bagi seluruh warga, khususnya warga Kota Bandung wilayah timur,” ujar Executive Director Summarecon Bandung, Hindarko Hasan.


PNG-round-whatsapp