#TipsRumah: Bikin Tampilan Eksterior Rumah Semakin Menawan

Memiliki rumah impian tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Tidak heran jika banyak hal yang perlu diperhatikan untuk memilih hunian yang cocok sesuai dengan selera, termasuk saat menentukan desain eksterior, bukan begitu Sahabat Summarecon?

Tampilan eksterior memang memiliki peranan penting yang dapat menciptakan kesan atau memberikan identitas bagi sebuah hunian bahkan penghuninya. Bukan hanya itu saja, penerapan desain arsitektur yang tepat pada hunian pun bisa memberikan manfaat untuk menciptakan rumah sehat loh.

Walaupun membutuhkan jasa desainer profesional atau arsitek dalam proses pengerjaannya, ada baiknya jika kamu juga turut memahami elemen apa saja yang harus diperhatikan untuk memilih desain eksterior yang tepat sesuai dengan keinginan.

Yuk, simak tips berikut ini untuk memaksimalkan tampilan desain eksterior rumah agar semakin menarik dan tentunya memberikan manfaat

1. Pilih Perpaduan Warna Cat yang Tepat 

Untuk kamu yang menyukai tampilan warna cat beragam, pastikan warna-warna cat yang dipilih sudah sesuai saat nanti diaplikasikan pada eksterior rumah. Pilihlah warna utama terlebih dahulu, lalu pilih warna kombinasi lainnya dengan shade lebih gelap atau lebih terang dari warna utama yang sudah dipilih.

2. Perhatikan Jumlah Bukaan/Jendela

Jendela merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah desain eksterior. Selain memilih model jendela yang sesuai dengan gaya eksterior rumah, rancang juga jumlah jendela sesuai dengan kebutuhan dan ukuran yang tepat untuk memaksimalkan sirkulasi udara dan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah.

3. Hadirkan Area Hijau

Jika area eksterior rumah cukup luas, kamu bisa menyulapnya menjadi area hijau dengan beragam jenis pilihan tanaman. Hadirnya area ini bisa memberikan suasana sejuk bagi penghuni rumah. Taman vertikal pada dinding pun bisa menjadi opsi lainnya apabila area eksterior rumah tidak terlalu luas.

4. Pemilihan Material Atap Rumah

Selain menjadi pelengkap untuk mempercantik tampilan eksterior, atap rumah memiliki peranan utama sebagai pelindung sebuah hunian. Sangat penting untuk kamu agar memilih material atap dengan durabilitas tinggi/tahan lama/tahan terhadap kondisi cuaca pada lingkungan sekitar. Ada beberapa jenis material atap yang bisa dipilih seperti atap beton, spandek, galvalum, keramik, dll.