#TipsRumah: Kenapa Lokasi Rumah Harus Srategis?

Rumah sebagai kebutuhan utama setiap orang tentunya akan lebih berarti jika memiliki letak yang strategis. Aman dan nyaman memang salah satu faktor yang diminati banyak orang, namun tak hanya itu. Kemudahan akses untuk mendapatkan barang kebutuhan sehari-hari juga patut jadi perhatian. Lokasi rumah harus berada di lokasi yang strategis karena memudahkan aktivitas dan kehidupan bagi penghuninya. Apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi rumah? Yuk simak tips berikut ini:

1. Posisi rumah

Rumah yang strategis berlokasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Apabila Anda tinggal di dalam kota dan banyak melakukan aktivitas di seputar perkotaan tentunya rumah di dalam kota menjadi aset pilihan utama.


2. Kondisi jalan atau akses

Jalan utama menjadi titik akses penting menuju ke rumah Anda. Lokasi perumahan yang baik haruslah memiliki akses kendaraan yang mudah baik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Perhatikan juga apakah lokasi rumah Anda didukung jalan tol dan akses transportasi lainnya.


3. Konsep kawasan dan fasilitas

Memilih hunian di kawasan yang memilik area residensial, perdagangan, jasa, perkantoran, ruang terbuka, dan ruang publik bisa jadi prioritas Anda. Kawasan seperti ini memudahkan penghuni dan masyarakat untuk melakukan perjalanan dengan berjalan kaki, sepeda, maupun moda transportasi umum. Rata-rata perumahan yang mengusung konsep TOD (Transit Oriented Development) biasanya terletak di tengah kota ataupun di pinggiran kota, namun tetap terintegrasi dengan transportasi massal.


4. Pelayanan air dan listrik

Pastikan ketersediaan air dan listrik di rumah Anda dengan mengecek sumbernya maisng-masing. Pengembang yang baik menjamin pasokan air serta listrik setiap hari. Penggunaan kabel bawah tanah juga bisa jadi penilaian tersendiri untuk keamanan dan estetika lingkungan.


5. Keamanan

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Anda dapat memilih rumah yang sudah dilengkapi dengan keamanan tingkat tinggi seperti one gate system. Lalu, ada juga kamera CCTV yang mengawasi area perumahan 24 jam di setiap sudut serta penjaga keamanan profesional yang siap siaga.



6. Kebersihan

Karena kebersihan merupakan awal dari kesehatan, maka rumah dengan lingkungan yang bersih wajib jadi pilihan Anda. Pilihlah rumah yang mendapatkan pelayanan kebersihan yang rutin dan profesional dari pengelola setempat atau town management.


7. Penghijauan di sekitar rumah

Lokasi rumah dengan lingkungan yang banyak penghijauannya tentunya lebih menarik. Penghijauan akan memberikan kesan keindahan yang mendalam dan kualitas udara juga akan menjadi lebih baik. Apalagi jika rumah Anda terletak di dekat danau seperti Cluster Emily Summarecon Bandung.


Hunian premium terbaru dari Summarecon Bandung ini juga merupakan cluster perdana yang berlokasi di tepi danau. Tak lupa, setiap unit hunian di Cluster Emily menerapkan konsep ‘Rumah Adem’ yang menghadirkan sirkulasi udara cross ventilation secara alami dan juga menghasilkan pencahayaan natural di dalam rumah.